Komunikasi Produktif 29012017

#hari4
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Hari Minggu kemaren adalah hari mengantar Sasha lomba KMNR di GOR Bima Unesa. Dari pagi sampe sore. Peserta seluruh Jawa timur. Jadi terbayang macetnya disana.

Sebenarnya tidak terlalu pagi mulainya dan tidak terlalu sore selesainya, tapi karena macet itulah, jadinya kami berangkat tiga jam lebih awal karena masih harus beli sarapan dulu dan disana antri registrasi lagi.
Begitu juga pulangnya macet sekali, kami juga mampir masjid buat sholat dan makan siang. Alhasil masuk rumah lagi setelah ashar. Badan juga sudah capek. Gak sempat nulis disini.

Kemacetan itulah yang memicu suasana tidak menyenangkan di forum keluarga kami kemaren. Awalnya karena perbedaan pandangan antara saya dan suami.

Saya berfikir parkirnya sedekat mungkin dengan area GOR Bima karena selesai nya nanti siang, jadi pasti bakalan panas jalan dari GOR ke mobil.
Sedangkan suami mikirnya begitu ada space kosong langsung parkir karena belom tentu didekat GOR masih ada space kosong.
Dan benar tempat yang mau diparkiri itu masih sangat jauh dari GOR.

Suasana sudah tidak enak, saya mulai ngomel dan suami juga marah.
Untuk menghindari saya bertambah banyak keluar Omelan, saya akhirnya pergi dari sana. Menjauh dari suami dan anak. Berjalan terus sambil berfikir dan berdzikir.

Setelah agak tenang, saya SMS suami dan minta maaf. Sebenarnya saya agak kecewa karena dia tidak telp atau SMS duluan.... itulah yang sampe sekarang masih membuat saya sedih.

Setelah saya tanyakan kenapa, ternyata suami menganggap sikap saya pergi tadi sebagai hal yang kekanak-kanakan .... Hiiks... Padahal itu upaya saya mencoba belajar menurunkan emosi saya.

Saya yang koleris Sanguin, suami melankolis plegmatis.... Sebenarnya sudah saling melengkapi... Saya sebenarnya tidak ingin terlalu koleris pada suami dan sampe sekarang saya masih belajar mengendalikan koleris saya itu.

Tapi terkadang hati saya jadi tertekan bila saya menahan diri tidak menyalurkan rasa atau pendapat saya... Dan itu keluarnya jadi ngomel.... Hiiks...
Bagaimana caranya ya agar saya tidak tertekan tapi juga tidak ngomelan?

Yang saya tahu adalah dengan pergi dulu, nyari ruang buat berfikir dan take a deep breath.... Baru setelah itu menyampaikan yang kurasakan....
Tapi ternyata terkadang tanggapan suami beda dan itu tidak membuat hati saya lega. Dan malah bikin saya sedih dan kecewa...

Komunikasi produktif masih PR besar bagi saya.... Hiiks....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua anak adalah Bintang

Fampro: Sasha Menaklukkan si Rubik

Fampro: Menjaga Ginjal Ibu