Membangun karakter anak lewat dongeng

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Sedih rasanya ketika ada yang bilang bahwa kalau anak menghafal al quran bisa stress atau gak kuat pikirannya.
Kan Allah memerintahkan kita untuk membaca dan menerapkannya, bukan untuk menghafal. Kalau menghafal lebih berat dan sulit. Apalagi buat anak kecil. Bisa stress.

Astagfirullah kalau saya dia tahu spesialnya para penghafal Alquran dimata Allah dan Rosullulah. Bahkan Allah menganggap mereka sebagai keluarga.

Dan janji Allah akan menjaga para penghafal Alquran sebagaimana mereka menjaga keaslian Alquran, firman Allah.

Apalagi anak anak dikaruniai kelebihan bisa menyerap dan belajar lebih baik daripada orang dewasa.

Kalaupun ada anak yang mungkin stress, itu pasti bukan karena dia menghafal Alquran... tapi lebih kepada metode belajar yang diterapkan kurang tepat buat anak tersebut. Cara orang tua atau gurunya mengajar kurang tepat dan sulit diterima anak. Walaupun dia belajar pelajaran lain, kalau caranya tidak tepat, maka akan tetap membuat anak itu tertekan... apalagi ditarget orang tua nya dengan pencapaian tertentu.

Jadi sebaiknya kenali gaya belajar anak, sehingga dia bisa enjoy dan suka dengan apapun yang dia pelajari, termasuk belajar menghafal Alquran.

Jangan paksakan atau beri target yang memberatkan si anak sehingga itu akan bisa membuat anak kurang enjoy dan terbebani.

Sebaliknya buat anak suka, enjoy, tertarik dan semangat dalam belajar ataupun menghafal Alquran. Caranya dengan memberikan lingkungan yang atmosfernya mendukung dan sejalan dengan hal itu sehingga anak termotivasi dengan sendirinya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua anak adalah Bintang

Fampro: Sasha Menaklukkan si Rubik

Fampro: Menjaga Ginjal Ibu