#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge1

#MatrikulasiRumbelBisnisIIPSby
#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge1

1. Problem apa yang akan Anda selesaikan:
Banyaknya orang tua yang bekerja, biasanya sulit mencari waktu belanja baju untuk anak anaknya karena begitu sampai rumah pengennya istirahat atau santai main bersama anak anak dirumah, tetapi anak cepat sekali tumbuh dan berkembang. Sehingga baju sudah banyak yang tidak cukup dipakainya.

Belom lagi dijalan nanti macet, cari parkir susah, keluar uang lebih untuk bensin dan biasanya makan bersama juga, mungkin juga kena todong anak beli mainan atau buku dll...

Apa solusinya: Toko baju anak online

Produk atau jasa apa yang Anda tawarkan: Baju anak sehari hari, Baju anak muslimah

2. Problem apa yang akan Anda selesaikan:
Banyaknya ibu ibu yang bekerja di ranah publik ataupun domistik tetapi biasanya males ribet di dapur lama lama, inginnya praktis dan cepat.

Apa solusinya: Frozen food

Produk atau jasa apa yang Anda tawarkan: Tahu bakso mercon, Nuget ayam wortel, Pentol daging sapi, Bandeng presto, oseng cumi hitam, Ayam ungkep

3. Problem apa yang akan anda selesaikan:
Banyaknya pendatang dari luar Surabaya untuk kuliah atau bekerja di Surabaya, apalagi area rumah saya di dekat kampus Universitas Airlangga dan perkantoran juga beberapa Rumah Sakit , yaitu: RS Dr Sutomo, RS Husada Utama, RS Pendidikan Unair, RS Adi Husada.

Apa solusinya: Hunian yang nyaman, aman, bersih, akses mudah dan penyambutan yang ramah

Produk atau jasa apa yang anda tawarkan: Kamar Kost
----------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge2

1. Baju anak online:
Segmen Demografi:
👶🏻 Bayi (0-2 thn)
👶🏻 Balita (2-5 thn)
👶🏻 Anak-anak (6-9 th)
👶🏻 Anak-anak (10-12 th)

2. Frozen food:
Segmen Psikografi dan Perilaku:
Ibu ibu rumah tangga yang tidak hobi memasak, tidak suka lama di dapur, tidak pede dengan hasil masakan sendiri.

Ibu ibu yang bekerja diranah publik, tidak punya waktu untuk lama lama didapur tapi masih ingin menghasilkan makanan dari dapurnya untuk keluarga.

3. Kost:
Segmen profesi:
👶🏻 Buruh
✅ Ukuran kamar tidak masalah (kecil 2x3 atau 3x3)
✅ Kamar mandi bersama (di luar)
✅ Fasilitas kamar tidak perlu ada, yg penting bisa tidur
✅ Ada ruang hiburan/TV bersama, lebih baik
✅ Ada dapur, lebih disukai
✅ Ada wifi dan AC, tidak terlalu penting
✅ Harga minim (100-350rb per bulan)

👶🏻 Karyawan
✅ Ukuran kamar nyaman (3x3 - 4x6)
✅ Kamar mandi bersama (di luar) atau privat (tergantung kelas ekonomi)
✅ Fasilitas kamar: bed, meja, lemari pakaian
✅ Ada ruang hiburan/TV bersama (tidak terlalu penting)
✅ Ada wifi, lebih disukai
✅ Ada AC lebih diutamakan, meskipun listrik bayar sendiri
✅ Ada dapur lebih disukai (utk segmen ekonomi tertentu, perempuan)
✅ Ada layanan laundry dan katering, lebih disukai (utk kalangan ekonomi tertentu), atau cuci sendiri
✅ Harga standar (650rb-2jt per bulan)

👶🏻 Mahasiswa:
✅ Ukuran kamar nyaman (3x3 - 3x4)
✅ Kamar mandi bersama (di luar) atau privat (tergantung kelas ekonomi)
✅ Fasilitas kamar: bed, meja, lemari pakaian
✅ Ada ruang hiburan/TV bersama atau privat (tergantung kelas ekonomi)
✅ Ada wifi, lebih disukai
✅ Ada AC lebih disukai/diutamakan, meskipun listrik bayar sendiri
✅ Ada dapur lebih disukai (utk segmen ekonomi tertentu, perempuan)
✅ Ada layanan laundry dan katering, lebih disukai (utk kalangan ekonomi tertentu)
✅ Harga standar (500rb-1,5jt)

👶🏻 Rumah tangga:
✅ Ukuran kamar nyaman (3x3 - 4x6)
✅ Kamar mandi bersama (di luar) atau privat (tergantung kelas ekonomi)
✅ Fasilitas kamar: bed, meja, lemari pakaian
✅ Ada ruang hiburan/TV bersama atau privat
✅ Ada wifi, lebih disukai
✅ Ada AC lebih diutamakan, meskipun listrik bayar sendiri
✅ Ada dapur lebih disukai (utk segmen ekonomi tertentu)
✅ Ada layanan laundry dan katering, lebih disukai (utk kalangan ekonomi tertentu), atau cuci sendiri
✅ Lingkungan aman/baik utk perkembangan anak
✅ Harga standar (500rb-2jt)

-------------------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge3

Diantara ketiga pilihan diatas, saya memilih mencoba usaha baru baju anak karena kalau frozen food sepertinya saya tidak bisa produksi sendiri karena kondisi saya yang gak bisa terlalu capek, sedangkan sebagian produk frozen food yang ingin saya pasarkan adalah produksi saya sendiri.
Kalau usaha kost, sekarang sudah jalan dan masih terus berjalan insyaallah.

Kompetitor Toko Baju Anak Online:
Banyak sekali usaha baju anak online di ig sampai bingung mau beli yang mana.

Kelebihan mereka: Mereka sudah punya kolam pembeli banyak, fotonya bagus bagus, petunjuk cara pemesanan jelas, produknya unik

Kelemahan mereka: Respon nya kurang cepat

Kelebihan Toko baju online saya: Kualitas barang bagus

Kelemahan Toko baju online saya: saya kadang tidak sempat membuka ig, kuatir harga yang saya tawarkan tidak bersaing karena kulaknya dapat harga tinggi. Saya juga kuatir tidak sempat handle karena saya juga tanpa asisten dirumah. Sedangkan untuk hire karyawan sepertinya juga belom mampu ngajarin dan nggaji.

---------------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge4

USP: Barang Ready Stok

Merk: klambee.kids

Tagline:
     Karena dia begitu berharga

---------------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge5

Strategi penentuan harga yang saya pilih adalah sesuai harga ecer dari agen/distributor.

Sebab dengan begitu saya berharap bahwa harga yang saya patok tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah di pasaran.

--------------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge6

Saluran distribusi saya adalah saluran distribusi langsung... dimana saya sebagai penjual langsung ke konsumen.

Saluran promosi yang saya ingin jalankan adalah online dan offline.

Dimana online menggunakan ig : @klambee.kids dan melalui sosmed WA.

Sedangkan offline bisa saya bawa pas ketemu dengan teman teman di arisan atau acara ketemu mereka.

---------------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge7

Rencana pemasukan lain dari usaha kami adalah menambah jumlah varian baju yang kami jual... tidak hanya celana rok anak perempuan tapi bisa juga celana anak laki laki atau baju anak lainnya juga...

Strategi Vertikal yang akan kami lakukan adalah dengan memberi penawaran kepada pelanggan potensial untuk jadi reseller.

Strategi horizontal yang akan kami lakukan adalah dengan memasang iklan atau promo di sosmed.

--------------------------------------------------------------

#TinaEllyaIkavatin_BBBChallenge8

visi misi perusahaan
: memberikan kenyamanan dan keamanan dalam keseharian buah hati tercinta

nilai kerja perusahaan
: the best, trust, care and caring

program rekrut dan profil karyawan yg dicari,

skills : marketing, custumer services and accounting

knowledge :
marketing => paham dan bisa handle online marketing, berpengalaman dibidangnya minimal 1tahun
CS => berpengalaman minimal 1 tahun
Accounting => berpengalaman minimal 1 tahun

attitude : Takut sama Allah, Jujur, ramah, teliti

Pelatihan apa yg ingin diberikan:
Pelatihan tentang produk knowledge, promotion, motivation, komunikasi efektif, Kajian muamalah islam

Insentif seperti apa yg akan diberikan:
Gaji tiap bulan
Komisi bila mencapai omzet tertentu tiap bulan
Bonus bila dapat reseller atau agen besar dengan minimal order pertama sekian juta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua anak adalah Bintang

Fampro: Sasha Menaklukkan si Rubik

Fampro: Menjaga Ginjal Ibu