Rumbel boga IIP Surabaya

🥘🥘🥘🥘🥘🥘🥘
Monthly event ATM Online :

Bismillahirrahmanirrahim

Bagi bunda bunda yang antusias ingin belajar tapi belom bisa ikut offline cooking class...

Jangan lupa rumbel boga ada monthly event yang lain.... yaitu *ATM yuks...*

Bulan April ini menu yang menjadi pilihan buat di ATM yuks adalah *Daging Teriyaki.*

Saya sendiri awalnya tertarik memasak daging teriyaki setelah testing rasa di yoshinoya, resto jepang yang menyajikan menu rice bowl dengan topping tumis daging/ayam dengan beberapa pilihan bumbu.

Terinspirasi oleh sajian dengan model begitu, saya meracik tumis daging dengan bumbu yang ada dan familiar yang saya punya.
Respon keluarga alhamdulilah menyenangkan hati dan akhirnya menu daging teriyaki jadi salah satu menu favorit keluarga kami.

Daging teriyaki relatif mudah dan cepat proses pembuatannya. Bahan bahannya pun mudah diperoleh. Dengan irisan daging yang setipis mungkin, membuat daging bisa dimasak cepat dan hasilnya tidak alot.

Tanpa panjang lebar lagi... inilah resep "ATM yuks" kita April ini...

🍢🍡🍢🍡🍢🍡🍢🍡🍢

*Resep Daging Teriyaki*
_ala dapur ikamtme_

*_Bahan:_*
Daging sapi 1/4kg, masih bongkahan utuh cuci bersih, bekukan agar mudah diiris tipis tipis memotong serat (bisa beli daging sehari atau beberapa hari sebelum dimasak agar beku)

Saos Teriyaki 6sdm
Saos Tiram 6sdm
Kecap manis 6sdm
Lada putih bubuk sesuai selera
Butiran Lada hitam 1sdm, ulek kasar
Garam sesuai selera

Bombay 2 Rajang
Bawang 2 Cincang
Brambang 3 rajang
Cabe merah, besar atau rawit, dirajang atau utuhan, terserah sesuai selera....

Jamur champignon (skip bila gak ada atau gak suka) rajang.
Baby Buncis cuci bersih, potong serong, direbus sebentar dengan sedikit garam.
Biji wijen putih 1sdm.

*_Cara Membuat:_*
Campur daging yang telah diiris tipis dengan saos teriyaki, saos tiram, kecap manis, lada putih bubuk, merica hitam, aduk rata... diamkan di kulkas sambil menyiapkan bumbu rajangan.

Rajang semua bahan sesuai selera

Tumis bumbu rajangan hingga harum, masukkan daging, aduk rata hingga daging berubah agak matang, masukkan jamur dan baby buncis, aduk aduk hingga bumbu meresap dan daging matang, tambahkan garam bila kurang.

Terakhir taburi biji wijen, aduk aduk beberapa saat. Angkat.. siap di makan dengan nasi hangat.

*_Note:_*
#Bila memakai daging tanpa lemak, gak perlu di panaskan lagi bisa buat makan sahur.

#Karena daging diiris tipis, maka daging tidak alot walau dimasak cepat.

#Ingat tanpa penambahan air sedikitpun!! agar bumbu lebih nendang.

#Biji wijen, jamur champignon dan baby buncis optional sesuai selera masing masing.

🍢🍡🍢🍡🍢🍡🍢🍡🍢

Silahkan bunda mengamati meniru dan memodifikasi menu daging teriyaki saya diatas.

Insyaallah.... semoga juga bisa menambah satu koleksi menu favorit keluarga dirumah.

                     ATM yuks

                            😉
                   *_ikamtme_*

🥗🥗🥗🥗🥗🥗🥗🥗🥗

[4/1, 12:31] Fitrohtul Fauziah Iip Sby: Masih blm familiar dg masakan yoshinoya ini, rasanya aneh di Lidah saya yg Dr desa 😅. Tp coba deh masak sesuai Lidah saya 😉

[4/1, 12:32] 🌸tina ikavatin🌸: monggo di atm mbak

[4/1, 12:33] 🌸tina ikavatin🌸: itu resep juga saya buat sudah menyesuaikan lidah saya dan keluarga...
hehehe
[4/1, 12:35] Ririn Bunda Bima Iip: Kalo ga dtambah air ga lengket ke wajan ya mb? Ato mesti pake teflon ini biar ga lengket

[4/1, 12:37] 🌸tina ikavatin🌸: ndak lengket mbak... gak harus pake teflon

[4/1, 12:37] 🌸tina ikavatin🌸: diaduk aduk ya mbak
[4/1, 12:59] ‪+62 813-3100-6583‬: Tanpa penambahan air ?🤔.ngirisnya harus super tipis dong ya...   bisa gak ya ?😬

[4/1, 13:16] 🌸tina ikavatin🌸: dibekukan dulu mbak.... bisa itu saya tipis...

[4/1, 13:47] 🌸tina ikavatin🌸: *_oiya buibu... bongkahan daging nya kalo sudah beku... bisa di potong jadi dua atau empat dulu... baru dipotong tipis tipis... tergantung besaran bongkahan daging nya dan lebar irisan daging yang diinginkan._*

[4/1, 13:48] Emma Savitri Iip Sby: Butuh pisau yang tajam banget kah mbak Tina?

[4/1, 13:50] 🌸tina ikavatin🌸: asal bisa buat motong mbak... kalo ada yg tajam lebih enak hehehe
[4/1, 13:50] ‪+62 856-4529-1389‬: Butiran lada hitam di tukang sayur ada? Gak pernah masak pake itu 😅

[4/1, 13:51] ‪+62 856-4529-1389‬: Kira2 itu pedes kah mbak Ika? Biar bs dimakan si kecil

[4/1, 13:51] 🌸tina ikavatin🌸: setelah keluar freezer, asal bongkahannya sudah bisa dipotong dua, berarti sudah bisa dipotong tipis tipis ..

jangan nunggu sampe mencair daging nya .. agak sulit motong tipisnya nanti hehehe

[4/1, 13:52] 🌸tina ikavatin🌸: di skip saja mbak ainun... pedes nya bisa disesuaikan selera keluarga...

saya cabenya saya utuhkan biar ayah nya dan saya bisa menikmati pedes tanpa sasha kepedesan...

[4/1, 13:52] 🌸tina ikavatin🌸: atau bisa diganti paprika... relatif tidak pedas menurut saya hehehe

[4/1, 13:53] 🌸tina ikavatin🌸: #yg di skip lada hitam kalo tidak ada atau tidak punya.

[4/1, 14:03] 🌸tina ikavatin🌸: *Ada satu trik lagi agar daging tidak alot walau ngirisnya tidak super tipis tapi sekedar tipis aja* 😁

*_Yaitu dengan trik memotong serat dagingnya_*

[4/1, 14:06] ‪+62 813-3100-6583‬: Maksudnya gimana Mbak?

[4/1, 14:10] ‪+62 813-3100-6583‬: Ooh...dipotong melintang arah serat daging.

[4/1, 14:13] 🌸tina ikavatin🌸: nggih mbak ☺

[4/1, 14:14] ‪+62 819-3812-4776‬: dagingnya g direbus dlu y mb ika berarti? hbis cuci langsung beku?

[4/1, 14:14] ‪+62 811-377-726‬: Mbak @🌸tina ikavatin🌸  wijennya disangrai dulu apa ndak ?

[4/1, 14:14] ‪+62 819-3812-4776‬: saya jarang liat biji wijen dipasar 😁

[4/1, 14:14] 🌸tina ikavatin🌸: iya mbak vega

[4/1, 14:17] 🌸tina ikavatin🌸: kalo saya pas beli dulu, saya oven di microwave bentar... trus saya simpan di di tupperware dalam kulkas...

saya beli di toko bahan kue mbak... waktu itu pengen nyoba bikin onde onde tapi gak kelakon sampe skrg wkwkwkw malah dipakai masak ☺

[4/1, 14:20] 🌸tina ikavatin🌸: kalo buat taburan diatas daging pas mau makan seperti foto dimangkok saya, ya di sangrai dulu

kalo diikutkan masak seperti pada foto saya yang di wajan... tanpa disangrai gapapa.

[4/1, 14:21] ‪+62 811-377-726‬: Oke mbak @🌸tina ikavatin🌸 . Terima kasih..

[4/1, 14:21] 🌸tina ikavatin🌸: 😊👍🏻

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua anak adalah Bintang

Fampro: Sasha Menaklukkan si Rubik

Fampro: Menjaga Ginjal Ibu