Mengamati Gaya Belajar Anak

#TantanganHari3
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Hari sabtu adalah hari sasha les matematika di KPM (klinik pendidikan mipa). Les matematika disana adalah pilihan dan keinginan sasha sendiri. Katanya dia suka matematika karena hampir seperti tebak tebakan. hehehe

Sistem belajar di KPM adalah dengan latihan soal matematika dan mengerjakan PR dibuku soal akhlaq yang memang setiap siswa KPM dapatkan.

Selain itu diawal pendidikan, siswa juga diberi pilihan akan mengerjakan dua sunah rosul yang mana, pilihannya adalah: sholat tahajud, baca al quran, puasa sunah, sholat dhuha, menjaga wudhu dll.

Masih ada satu lagi, anak disuruh menetapkan target sendiri dalam waktu satu semester, akan menghafal al quran brapa surat.

Jadi harapannya seiring dengan meningkatnya kemampuan anak pada matematika, meningkat juga kedekatan anak pada Allah subhanahu wata'ala dengan pembiasaan itu.

Aturan lain belajar di KPM, siswa tidak boleh membolos pembelajaran lebih dari dua kali secara berturut-turut. Setiap bulan akan diadakan tes eliminasi, dimana disini siswa dengan nilai terendah dikelas akan diturunkan di level bawahnya.

Sasha enjoy saja dengan sistem pembelajaran di KPM, tidak mengeluh merasa berat dengan tugas tugasnya dan semangat mengerjakan PR PR nya.

Dia tidak suka datang terlambat ke kelas. Bila terlambat, sasha akan terlihat gelisah dan sedikit ngambeg.

Sepulang dari KPM kemaren, kami bertiga dimobil main tebak tebakan. Kali ini tebak tebakan nya dengan kategori nama hewan. Kami mengeluarkan jari, lalu jari itu dijumlahkan dan dianalogkan ke huruf. Jadilah huruf itu sebagai huruf awalan nama hewan yang harus kita sebutkan.
Seru dan menyenangkan bagi sasha walau hanya dengan permainan sederhana begitu.

Di mobil kegemaran sasha juga adalah mendengarkan lagu di radio. Ini agak mengusik saya karena sebenarnya saya ingin kami mendengarkan murotal saja bila di mobil, tapi kalau sudah keduluan sasha nyetel lagu, ya sudah lagu itu.

Tapi bila sasha mau menjelang ujian hafalan al quran nya, dia malah yang minta untuk mendengarkan murotal dari hape ayahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua anak adalah Bintang

Fampro: Sasha Menaklukkan si Rubik

Fampro: Menjaga Ginjal Ibu