portfolio kemandirian sasha

#level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Kemarin malam diskusi dengan sasha tentang kemandirian apa yang ingin dia kuasai atau perdalam lagi di usianya yang sudah 10tahun november 2016 lalu.

Saya sampaikan bahwa saya mendapat tugas kuliah iip membimbing anak melatih kemandiriannya. Seperti biasanya sasha selalu antusias dengan materi kuliah iip saya. Alhamdulilah...

List pilihan kemandirian yang saya sodorkan ke sasha adalah....
(yang anaknya di usia sekolah (6 -12 tahun) bisa melatih kemandirian anak tentang :

1. Mandiri mengerjakan tugas-tugas sekolah.
2. Mandiri mengatur waktu dalam menyelesaikan tugas sekolah & tugas rumah.
3. Membereskan mainan, buku sekolah dan barang pribadinya.
4. Membuat kreasi mainannya sendiri.
5. Membantu pekerjaan dasar rumah tangga, misalnya: Membersihkan kamar mandi, Menyapu, Mengepel, Memasak, Mencuci baju dan piring dll
6. Bisa keramas dengan bersih.

Dari List diatas, dia memilih nomer 3. Sebenarnya sasha sudah mandiri di beberapa hal di point 3, tapi masih selalu harus diingatkan. Seperti belom punya inisiatif sendiri. Tapi kalo dia lupa tidak mengerjakannya dan tidak diingatkan, dia juga akan sedih dan kecewa.

Selain point 3, saya juga akan mulai memberikan kepercayaan sasha buat belajar point 5. Disini saya meyakinkan sasha bahwa dia anak perempuan dan sudah waktunya buat belajar magang pekerjaan dasar rumah sebagai bekal hidup dia kedepan.

Semalam sasha mencuci piring nya sendiri dan menyiapkan perlengkapan buat berenang nya sendiri.


Saya ajari bagaimana menata baju renang di tas renang, yang mana yg masuk dulu dan yang mana yang ditaruh paling atas dan kenapa begitu. Agar dia memahami dan menata nya dengan pertimbangan praktis.


Bunda Sayang
Melatih Kemandirian
Ibu Profesional
IIP



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua anak adalah Bintang

Fampro: Sasha Menaklukkan si Rubik

Fampro: Menjaga Ginjal Ibu